Android and The World

Kalo boleh mengibaratkan, Android tuh kaya udara, kadang gak kerasa padahal selama ini ada di sekitar kita.
Yah jujur-jujuran aja deh, aku gak seberapa tau tentang Android, baru tau aja dari dosen ma temen beberapa hari belakangan ini. Dahulu kala sempet denger kata Android, tapi bener-bener buta lah tentang apa artinya.
Padahal nih ya, dari SD si papa dah buatin email dengan Gmail, terus dipake sampe sekarang bahkan merambah ke blogspot yang nyambung ke google juga. Terus temen-temen di STPB banyak yang pake SonEr Xperia yang basicnya Android, hari-hari mau nyari informasi bukanya mbah google lagi.

Kenapa aku nyebutin google terus, karena google yang mengembangkan Android sampe terkenalseperti sekarang ini.
Kalo di Indonesia, Android tuh rada lambat terkenalnya, yang paling terkenal duluan ya Ipad, ya BB, ya Iphone, ya Apple. Padahal kalo di Amerika sana, markasnya google inc, Android bener-bener suatu gadget yang kudu wajib musti dimiliki oleh setiap insan yang hidup disana. Tapi, sekarang semuanya berbeda, Android mulai mendapat perhatian lebih bukan dari para geek technology aja tapi juga dari para mahasiswa serta pebisnis yang ada di seluruh Indonesia.

Pastinya kita udah cukup tau lah kalo aplikasi yang dimiliki Android emang melebihi nalar kita, sebagai orang Indonesia, terlebih lagi aku mah masi mahasiswa. Telepon tuh buat nelepon ma sms aja udah bagus, sukur-sukur ada fitur tambahan lainnya. Tapi ingat! gadget atau dunia teknologi terus berkembang setiap harinya.

Coba liat sistem si Android ini deh, waktu pertama kali Android diluncurin ma Google dengan versi 1.1 nya fitur yang ada paling juga pembaruan estetis di aplikasi yang ada kaya jam alarm, voice search, pemberitahuan email (notification gitulah) ma pengiriman pesan dengan Gmail (always back to Google ya). Ini di taun 2009 loh, berarti sekitar 2 tahun yang lalu.

Nah terus si Android ini kan terus berkembang berkembang dan berkembang sampe sekarang di versinya yang 4.0 si Sandwich Ice Cream dia balikin lagi fitur Honeycomb (yang notabenenya buat tablet) ke smartphone, bukan cuma itu dia nambahin lagi fitur menarik lainnya kaya unlock dengan pengenalan wajah, jaringan data pemantauan penggunaan dan kontrol, bisa kontak terus ma social network, additional fitur buat yang demen fotografi, search email even kita offline dan bagi-bagi informasi pake NFC.
Kalo mau liat contohnya nih si 4.0 Sandwich Ice Cream


Ini perbandingannya rada jauh sih pertama ma yang terbaru, tapi sebenernya kan di tengah-tengahnya ada pulau jawa, #eh itu OVJ, maksudku tuh di tengah-tengahnya ada perkembangan step by step dari si Android. Kenapa Android terus berkembang, nambahin fitur-fitur barunya, ngasi aplikasi-aplikasi baru padahal sekarang aja aplikasi yang bisa di download mencapai 150.000. Well, kalo itu yang dibahas berarti balik lagi ke MARKETING

Marketing tuh kan memenuhi want and demand dari konsumen, dan sebagai produsen yang baik, Android harus bisa membaca situasi dan kondisinya. Apa aja sih keinginan konsumen, apa aja sih harapan si konsumen. Atas dasar inilah Android terus melakukan pengembangan terhadap sistemnya.

Meski awalnya harga Android emang mahal banget gak ketolongan dan cuma masyarakat tingkat atas aja yang bisa menikmatinya, namun pangsa pasar Android juga udah mulai berubah, seiring dengan berkembangnya teknologi yang dihasilkan serta kerja sama yang terjadi dengan Open Hanset Alliance jadi Android mulai memangsa pasar yang lebih rendah juga, yah maksudnya mah menengah ke atas lah.

Tujuan pasar utama dari Android tentunya yang memiliki potensi untuk menghabiskan uang banyak demi eksistensi, harkat martabat, gaya, dsb dsb seperti negara asalnya Amerika. Namun seiring dengan berjalannya waktu, banyak negara-negara aliansi yang mulai menaruh minat terhadap Android sehingga Android mulai memasuki negara-negara di seluruh dunia, salah satunya Indonesia. Seperti kebanyakan orang Amerika yang sudah menikmati fitur dan aplikasi yang ditawarkan oleh Android, banyak orang di berbagai negara pun merasakan nikmatnya memiliki fitur serta aplikasi yang dapat membantunya dalam masalah pekerjaan, komunikasi serta entertainment. Dengan adanya mindset seperti itu, tentu saja Android cukup berkuasa di dunia gadgeting.

Gimana caranya coba ya si Android ini bisa merajalela, padahal kalo diliat, diterawang dan diteliti sebenernya mah promosi yang dilakukan sama nih sistem gak wah-wah banget. Tapi ternyata di balik semua itu mereka menerapkan gaya komunikasi dua arah, elegan dan personel. Kita tau lah kalo Android tuh kan basicnya Google, dan ada beberapa sistem yang baru bisa jalan di Android melalui google, tapi ada juga yang bisa lewat gitu aja. Menarik kan. Terus juga karena Google, Inc juga jadi Android bisa dikenal sama masyarakat luas, kenapa? karena reputasi google yang kita tahu udah mendunia. Satu hal lagi, jangan lupa kalo Google Inc beraliansi dengan Open Handset Alliance buat Android, jadi gak heran kalo perusahaan-perusahaan aliansi bakal nguber orang-orang buat pake produknya dan mau gak mau bakal memperkenalkan sistem hebat nan keren bernama Android ini.

Inti dari segala inti, Android udah punya link yang cukup untuk dirinya sendiri menembus pasar masyarakat dari berbagai segmen pasar. Dengan semakin luasnya segmen pasar yang menjadi jajahan Android, bukannya gak mungkin loh kalo ntar makin banyak juga aplikasi gratis yang bisa dipake sama para pengguna Android, dan aplikasi nya bakal melebihi aplikasi yang dimiliki iOS. Kalo diliat dari sifatnya yang open source, kemungkinan besarnya sih aplikasi bakal dikasih secara cuma-cuma dan perkembangannya bakal lebih melesat maju terdepan dibandingkan dengan iOS.

Kebayang kan sekarang kalo Google, Inc ini juga menerapkan marketing mix pada peluncuran Android. Makanya marketing tuh penting banget didalam dunia bisnis, dan kalo perencanaannya bener tentunya akan berdampak positif juga. Kaya sekarang ini tuh ya Android jadi pesaing yang kuat banget, kalo menurutku pribadi mah BB lewaaaaat, saingan sebenarnya adalah Apple punyanya si Steve Jobs itu loh.


Menariknya lagi, ternyata Android ga sembarangan ngebuat marketing, mereka ngebuat nama baru buat telepon seluler keluaran mereka The Android Superphones


Diperkirain si kalo si superphones ini bakal ngebuat tahun 2012 makin 2012 #eh maksudnya mah bikin hidup makin hidup di tahun 2012 nanti. Liat aja deh di produk Android yang sekarang aja udah bisa ngebuat konsumen puas, disesuaikan juga kan dengan kebutuhan mereka dalam kehidupan sehari-hari baik personal maupun sosialnya. All in One. Kalo ada yang ngebeliin tablet n hape Android buat ni Christmas bakal langsung ak jadiin suami deh (kalo cowo) ato jadi BFF (kalo cewe) #ngarep.

Salute banget deh sama Android yang membuat sistem sesuai keinginan dan harapan konsumen dan bisa menguasai pasar gadget. I hope someday i can be a part of that.

Comments

Popular posts from this blog

The Avengers 2012

My Wedding Story

Green Hotel di Indonesia