Yang namanya teknologi tuh.....









 
Pernah denger Cupcakes?
Donut?
Eclair?










Frozen Yoghurt?
Gingerbread?
Honeycomb?
Ice Cream Sandwich?






Semuanya adalah ANDROID

Itu emang nama makanan yang dengan membayangkan aja udah bikin air liur netes, but trust me, itu versi-versi dari Android dari versi paling awal 1.5 mpe yang terbaru 4.0

Masih gak mudeng yak?
Jadi gini loh, Android itu adalah sebuah sistem operasi yang diterapkan di beberapa telepon seluler yang bekerja sama dengan Google, Inc. Android sendiri awalnya adalah corporate independent yang dinamain Android, Inc ma Om Andy Rubin, Om Rich Miner, Om Nick Sears ma Om Chris White di Palo Alto, California pada tahun 2003 sekitar bulan Oktober. Corporate ini sempet drop juga bahkan sampai meminjam uang 10.000 USD untuk tetep mempertahankan berdirinya ni perusahaan.

Di bulan Agustus 2005 Google Inc mengambil alih atau mengakuisisi corporate ini. Rumornya mengatakan kalo si Google mau terjun ke dunia bisnis telepon seluler juga dengan memanfaatkan sistem operasi Android tersebut. Saat pengakuisisian ini Om Andy, Om Rich ma Om Chris masih ngikut dalam pengembangan program buat telepon seluler yang didukung dengan sistem Linux kernel.

Google juga mengumumkan kalo sistem ini flexible buat digunain dan bisa terus diupgrade, tentunya setelah program itu rampung oleh Om Andy dkk, Google juga membuka kesempatan kepada operator telepon seluler untuk bekerja sama dalam menerapkan sistem Android itu.

Perkongsian pun terjadi antara Google dan beberapa perusahaan seperti HTC, Intel, Marvell Technology Group, Nvidia, Broadcom Corporation, LG, Google, Sprint Nextel, T-Mobile, Samsung Electronics, Texan Instruments, dan Qualcomm. Tanggal 5 November 2008 itu juga Google meluncurkan mobil device yang dibentuk dari Linux Kernel versi 2.6.
9 December 2008 kedapetan lagi deh anggota baru yang tertarik bergabung ma Android dan menyebarluaskan sistem ini kaya Atheros Communications, ARM Holdings, Garmin Ltd, Packet Video, Softbank, Toshiba Corp, Asustek Computer Inc, Huawei Technologies, Sony Ericsson, ma Vodafone Group Plc. Saking banyaknya perusahaan yang mo gabung ma Google karena icon hijau yang lucu bernama Android ini akhirnya dibukalah Open Handset Alliance, tujuannya  simpel aja biar bisa mengembangkan Android.

Ga heran sih kalo semua perusahaan di atas mau gabung ma Google, Inc. Jelas lah dengan nama baik Google yang udah mendunia ditambah lagi aplikasi yang dikeluarkan google emang keren keren banget. As you know ya, begitu Android ngeboom, perusahaan kaya Iphone, Nokia, Blackberry ma Microsoft tuh mpe kelabakan, hahaha, gimana nggak, semua sistem yang ada di mereka (yang notabenenya setiap perusahaan punya kelebihan masing-masing) direnggut semua oleh Sang Android, dan bukan cuma itu, sistem boleh mirip tapi Android selangkah lebih maju di depan.


Google Vision Concept Phone (bd)



Sistem yang dimiliki Android sebenernya balik lagi ke Google yang notabenenya pengen menguasai teknologi di dunia. Aku bisa ngomong kaya gitu karena aku juga ngerasa kalo Google tuh bener-bener ngebantu banget untuk memudahkan pencarian informasi jenis apapun di internet, aku ma temen-temen bahkan dosen pun sering ngomong "tanya aja ke Mbah Google" karena Google tuh tau macem-macem. Sistem Android dibuat untuk memudahkan para pengguna teknologi untuk terus berinteraksi dan memudahkan pencarian informasi dan melakukan pekerjaan baik bagi seorang pelajar maupun businessman.

Kalo dari segi marketingnya sih emang Google gak salah minta sistem Android lebih menitikberatkan pada Google Inc kaya Gmail, blogspot, What's up, dll. Dan dengan merambahnya perkongsian Google dengan beberapa perusahaan teknologi, tentu saja membuat sistem Android bisa lebih berkembang lagi. Kaya misalnya nih Android bisa pake youtube n pake Picassa langsung dari layar telepon, ada bluetooth yang memudahkan transfer file, google maps biar gak nyasar, masuk ke social network yang paling wah saat ini kaya si facebook and myspace juga bisa di akses dari telepon ini, gak lupa si google calender biar ga ketinggalan jadwal penting.

Itu baru buat telepon loh, dewasa ini dunia teknologi mulai berkembang dengan yang namanya tablet, yah nama kerennya mah ipad yang dari apple. Nah Google juga gak mau kalah n yang jadi andalan Android buat sistem di tablet adalah HONEYCOMB!!Versi ini emang dirancang khusus buat tablet yang ukuran layarnya lebih besar. User interface di Honeycomb didesain buat tablet makanya sistemnya emang beda dari versi-versi terdahulunya. Jangan mpe kelewat klo ni versi ngedukung multi prosesor juga akselerasi perangkat keras buat desain grafisnya, pokoknya Honeycomb TOP banget buat tablet. Motorola Xoom merupakan tablet pertama yang dijalankan menggunakan Android Honeycomb.

 
Nih Sony Ericsson yang pake sistem Android juga, apa kelebihannya si mungil ini bisa diliat di Sony Ericsson Xperia Mini Pro 
Keliatan kan kenapa si Sony bersedia bekerja sama ma Android, alasan utamanya karena ini juga mendongkrak reputasi Sony dan tentunya berdampak pada profit yang didapat.
Sebagai info aja sih, kalo Google gak sembarangan nerima kerja sama dari perusahaan aliansi buat penerapan Android, tiap aliansi harus punya kelebihannya buat ditunjukkan kepada masyarakat kalo phone yang basisnya Android selalu terdepan, buktinya nih The Thinnest Android

Kalo ngebicarain teknologi emang ga ada abisnya deh ya. Apalagi teknologi yang lagi ngeboom, kaya BB dengan BBM nya, nah kalo Android ada What's up nya. 11-12 lah, wong sama-sama buat komunikasi antar pengguna. Tapi kalo sekarang pembeli kan ga cuma beli smart phone buat komunikasi aja, buat gaya, buat kerja, buat nampang, buat eksis, semuanya ada pertimbangannya deh, fitur yang ada di smart phone tuh diteliti satu-satu dari A sampe Z.

Ngomong-ngomong soal fitur, Android sebenernya punya banyak banget fitur yang menarik buat di coba, kaya multiple language, Java support, media ma streaming media support, multi touch, video calling, multi tasking, voice based features, tethering ma screen capture. Aku mah da bingung kalo kebanyakan fitur kaya gitu teh, da belom perlu sih sekarang mah. Beda orang beda keperluan, kalo orangnya sibuk or pekerjaannya businessman yang emang perlu teknologi canggih dengan segala macam kelengkapan fitur yang bisa digunakan dimana saja dan kapan saja, Android jagonya.

"Aman gak pake Android tuh? ntar kena viruslah ato privasinya dilanggarlah, beribet deh.."
Oh kalem aja, sistem Android juga udah pake yang namanya ANTI VIRUS, dan seperti yang dikatakan diawal kalo sistem Android bisa terus di upgrade, jadi ga usah takut kalo ntar kena virus bla bla bla bla. Android kan terus mengalami perkembangan yang dikepalai Om Andy, jadi pasti pertahanan anti virusnya juga makin kuat.

Kalo soal privasi tentu aja lah sistem ini udah dibuat sedemikian rupa buat tetep ngejaga privasi dari para penggunanya, karena seperti yang kita tau dewasa ini banyak banget orang pake internet buat sosialisasi dengan social network yang ada., jadi privasi itu penting buat ngejaga data-data pribadi yang sensitif, hal ini juga sudah menjadi pertimbangan dari Android sehingga mereka membuat protection di sistemnya.

Asiknya lagi tuh ya Android tuh punya banyak keunggulan sebagai software yang pake basis kode komputer yang didistribusiin secara terbuka/open source, jadi si pengguna bisa bebas ngebuat aplikasi baru di dalamnya, ngemodif atau bahkan nyempurnain aplikasi yang ada, seru banget kan android tuh, bukan cuma sekedar sistem tapi kita bisa berkreatifitas sesuai dengan yang kita inginkan. Belom lagi karena Android tuh bernaung di bawah Google, jadi dari semua sistem Android kita bisa pake aplikasi gratis dari google, kaya pushmail Gmail, Google Maps, sampe Google Calender.


Oia ada lagi nih, lisensi yang digunain ma Android tuh ga semahal OS milik Blackberry atopun Iphone n PDA yang masih pake windows mobile. Yah logisnya mah kita bayar lebih murah lah kalo pake Android teh

"Terus kenapa dengan semua sistem yang menggiurkan seperti itu, Android baru dikenal sekarang sama masyarakat Indonesia?"
Jawabannya simpel kok, itu mah lantaran manusia di Indonesia teh terlalu gaptek buat pake Android, xixixi. Ada beberapa faktor yang nyebabin Android sulit diterima masyarakat Indonesia tuh, yah karena touch screennya, yah karena koneksi internet di Indonesia, yah karena ribetnya. Padahal mah sekarang orang-orang malah demen banget kan pake touch screen, gaya euy katanya mah, terus juga koneksi internet kan kalo dulu lemot lambreta gitu, operator seluler belom bisa nyesuaiin kecepatan ma kebutuhan internet di sistem Android, terus juga karena udah kebiasaan ma Nokia or Blacberry makanya pada bilang ribet pake Android tuh.

Kekurangan Android buat saya mah cuma satu, MAHAAAAAAAAL
coba kalo harganya lebih bersahabat, aku mah mau da satu buat si papa, satu buat si mama, satu buat si nay nay, (lah buat aku mana yah?) Da ngapa-ngapain jadi gampang pisan, bisa komunikasi, bisa kerja, bisa entertainment, full of facilities lah.



Kira-kira apalagi yang bakal di keluarin si Android setelah Sandwich Ice Cream ini ya? bisa jadi Blackforest ato Creamy Cocktail ato Eskrim Goreng, wow. Apapun namanya yang jelas Android bakal berkembang terus dengan ide-idenya yang fresh dan unpredictable. Melihat laju perkembangan Android sekarang ini sih, bisa diperkirakan kalo ntar Android merambah ke segala macam pangsa pasar, entah itu buat pelajar, pebisnis, ibu rumah tangga, backpacker, bahkan TKI (lho?!).

Mudah-mudahan Natal ato taon baru ini bisa dapet hadiah Android Tablet ato Android Phone jadi gak gaptek-gaptek amat kalo ditanyain tentang Android, yah minimal pernah megang n tau cara makenya lah :D *cheers

BTW



Comments

  1. sok gaya we lah..
    jangan2 baru beli hp ini yah??:D

    ReplyDelete
  2. ah cici, ini teh buat UAS aku nih, belom dapet inspirasi, aku gak terlalu tau ttg android pula. *sigh
    aku nunggu km yang beliin buat ak :D

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

The Avengers 2012

My Wedding Story

Green Hotel di Indonesia